Permainan Bahaya Dalam Bahasa

Hi gaes, gud morning, gimana kabarnya hari ini? ! eh gays, eh guys! got morning, eh good morning ya? duuh gimana sih penulisan aslinya!

Naah familiar nggak dengan sikon diatas??

Saya suka ngamati teman-teman dan orang-orang dalam berinteraksi dalam bentuk tulisan. Saya mungkin orang golongan jadul yang artinya saya mengikuti EYD lama atau juga saya gak gaul dalam perkembangan bahasa Indonesia yang mengalami pengaruh bahasa asing begitu pesat. Hingga waktu saya ngobrol ama temen Indonesia yang pake bahasa planet, saya nggak ngeh, kadang tanya langsung, kadang juga cari di internet.

  1. Dulu (saya gak bisa kasih waktu yang tepat kapan ya, susah juga. Hmm mungkin sebelum internet masuk pesat di Indonesia, katakan aja tahun 80an sampe 1999. Atau sebelum Whatssup, atau messenger serupa masuk ke Indonesia.) istilah berikut belum muncul :

a.teman-teman menjadi temans! yang ini menggantikan teman2 juga. So orang Indonesia mengadaptasi ‘English suffixes’ atau akhiran bahasa Inggris. Artinya tidak jadi berbeda, yaitu mengindikasikan plurals.

b.Good pagi! Jaman now!

Fenomena perkawinan dua kata antara Indonesia dan Inggris ini jadi makin marak sekarang. Apakah ini disebut code mixing alias mencampur kode(Bahasa), tapi kayaknya kurang tepat kalau disebut code mixing karena sebenarnya kan ‘Selamat pagi” atau ‘ Jaman sekarang’ itu kan satu phrase.

Saya paham sepaham2nya bahwa perkembangan bahasa itu pesat ya! kalau seminim pengetahuan saya yang masih cupet pendek ini, bahasa itu berkembang karena perkembangan jaman, sehingga banyak juga bahasa serapan asing yang sudah dibakukan jadi bagian dari bahasa yang umum dipake. Kalau istiah Inggrisnya namanya Word borrowing, istilah buat kata-kata yang asalnya dari bahasa asing. Hmm saya sih gak jelas juga, aturan word borrowing ini gimana, apa bisa di ‘tweak’ alias di adaptasikan dengan lidah local, sehingga pengucapannya mudah.

Bahasa gaul itu termasuk juga perkembangan bahasa. Kalau gak pake bahasa Gaul gak bisa lagi ngikutin percakapan masyarakat dengan mudah alias agak sedikit woles! Nahhh lho, apa sih woles? Itu pertanyaan saya ke Facebook status beberapa tahun lalu, dan seorang teman dengan baik menjelaskan bahwa woles dari kata SLOW dibaca dari belakang! Hiyaaaa kreatif sekali! Banyak contoh2 seperti ini yang kalau saya pikirin sekarang gak keluar.

Sebenarnya bagus gak sih bahasa begini dipake di keseharian? Namanya juga Bahasa Gaul ya, jadi ya sah2 aja alias ga apa-apa. Yang menjadi warning atau peringatan bahwa kebiasaan ini jelek adalah tidak mengenal nya lagi Bahasa yang baik dan benar kayak situasi diatas. Kita bisa selalu mengandalkan internet atau kamus besar cetak untuk mengecek kata sebenarnya. Fenomena ini udah lama sebenarnya, waktu tahun 2004 saya mengajar Bahasa Inggris murid saya yang pada waktu itu usia SMP, dan suka pake Bahasa Gaul. Nah pernah satu kali saat latihan “Writing” alias menulis,banyak kata2 Bahasa Inggris yang dia lupa penulisannya yang benar karena sering di adaptasikan ke Bahasa lisannya kayak guys jadi gaes misalnya.

Jadi menurut saya, boleh aja pake Bahasa baru begini, suka2 asal kita tetep sadar kata2 aslinya, selama kata2 baru itu belum terdaftar dalam kamus cetak ya.

Lulu

Advertisements

2 responses to “Permainan Bahaya Dalam Bahasa

  1. Hai Lulu, kalau Good pagi aku baru tahu pas baca tulisanmu ii 😀 . Sampai saat ini aku belum berniat pakai “jaman now” dipostinganku hehe.. kalau bhs gaul, cukup tahu ajalah. Oh iya nulis singkat2 atau pakai angka 2 dibelakang tuh kulakukan klo bw komen atau ngejawab komen blog, maksudnya spy cepat aja sih 😉 .

    • Toss dulu! Sama aku juga belum pake jaman now, mungkin agak gimana gitu. Kebiasaanku kalu blog pasti pake 2 gitu, biar cepet bener tapi kayaknya males banget:(. Asal bukan tulisan formal kurasa gak papa iyakan iyakan? heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s