BLOG tentang VLOG

Waduh, ini gaswat banget, males tingkat tingggi, udah sejak Maret lalu ternyata BLOG ini saya tinggalkan. Sibuk sekali! semoga setelah saya deactivated Facebook lagi, hmm iya sih sempet balik, terus karena seringnya baca timeline yang penuh hujatan kedua belah pihak, tau kan masalah politik di Indonesia, saya jadi ikutan emosi, sampe auranya serasa panas dan negative semua, Ibarat kayak liat bola (bagi yang suka bola) mau gol atau lagi seru2nya teriak2 karena semangat liat pemainnya mau cetak gol, soooo bertepatan dengan masuknya bulan Ramadan juga, ya sekalian aja deh hengkang dari Facebook. Cerita sedikit tentang hengkang dari facebook benernya sih udah berkali2, eeh balik lagi balik lagi, alasannya sih satu: saya punya banyak temen2  yang baik2 juga disana, yang jarang ngepost hujatan. Saya orangnya suka dan berusaha untuk bisa menjalin silaturahmi sebisa mungkin, memang sih saya gak bisa memuaskan semua orang, alias ada aja orang yang gak suka sama saya dengan alasan apapun. Hmm mungkin saya bakal balik FB lagi, terus disortir cuma bisa liat postingan temen2 yang gak pernah sama sekali posting masalah politik. Anyway, karena saya masih  hengkang dari Facebook, saya ada waktu lah buat ngeBLOG sebentar. Kali ini postingan berbahasa Indonesia, karena sebenarnya postingan inti BLOG saya dalam bahasa Inggris ( sejak 2003).

Benernya ini tentang ngeVLOG, hmm awal saya ngeVLOG tuh benernya karena saya mau belajar sesuatu yang baru, belajar video editing, dan ternyata emang seru ngedit2 video, yang kurang seru sebenarnya shootingnya. Nah di Jerman ada istilah ‘Private Datenschutzgesetz’ artinya ada hukun yang melindungi hak2 privacy individu. Mungkin itu juga kenapa, kalau waktu kita browsing2 youtube, sedikit sekali VLOG asli orang Jerman yang ngeVLOG diluar pas banyak orang gitu. Kebanyakan shooting dirumah, tapi ada juga sih yang dijalan, cuma gak banyak gitu. Saya sendiri sebenarnya rada kagok kalu mau shooting (cie elah kayak prof aja hehe) diluar, tapi kadang ada beberapa informasi seputar travelling atau events disini yang pengen saya info kan. Jadi mengenai ini, bisa saya bilang VLOG saya terbatas, tapi jujur aja sih saya gak keberatan, dan itu berarti juga saya bakalan luamaaa banget dapet subscribers, but anyway, kembali ketujuan utama ngeVLOG, kalau intinya saya pengen berbagi informasi dalam bentuk visual dan BLOg ini dalam bentuk tulisan. Nah itu alasan kedua saya ngeVLOG! Kadang tuh ya, kalau saya lagi mau cari informasi apa gitu, saya  selain cari di search engine, saya juga cari di youtube, kadang saya nemu apa yang saya cari kadang saya gak nemu. Nah saya itu maunya pengen bantu siapa aja yang mungkin mau cari informasi, misalnya tentang Jerman melalui youtube, bagaimana kehidupan disini, dan lain sebagainya.

Kalau ditanya target subscribers banyak? jawabannnya iya dan tidak, karena emang tujuan awal saya dua : Belajar video editing, dan berbagi informasi. Kesini2 tujuan semakin bertambah, yaitu kenal dengan bberapa vloggers lainnya. Saya tuh  kadang kalau orang Jawa bilang ‘Sak jek sak nyek’ hmm kayak gini : kalau lagi mood ya bisa kadang terus dilakuin, misal kayak dulu saya hamil pertama saya tiap hari crocheting gak berhenti2, ampe keriting tangan hehe, ya buat baju baby lah, boneka, tas dll. Nah terus habis anak lahir, eeeh crocheting berhenti karena sibuk juga lah kan baby saya waktu itu masih kecil. Nah dengan VLOG ini saya gak tau deh, kadang saya juga gak posting selama sebulan hehe, bukannya gak niat sih, tapi banyak faktor juga.

  1. Saya SAHM alias Stay-at-home mom yang sibuk banget. Dari pagi anter anak sekolah, belanja, masak, beres2 rumah, siap2 lagi jemput anak, terus main2 deh ama anak, sampe dinner, siapin dinner, beres2 dapur, ngobrol2 atau meluangkan waktu dating dongs ama suami hehe meski udah nikah, dating perlu lho. Nah tuh kan, jadi jarang banget saya bisa menghabiskan waktu lama di depan computer.
  2. Untuk ngeVLOG kehidupan keluarga, hmm bukan style VLOG saya sih. Kehidupan saya tuh biasa aja bagi orang lain, bagi saya sih luar biasa. Plus kembali ke Private Datenschutzgesetzs tadi, karena suami saya apalagi emang sangat menjunjung tinggi privacy. Untuk anak sendiri, sebenarnya saya gak ada hak untuk mengexpos dia tanpa seijin dia, Pun saya bilang sekarang dia belum tau apa itu diliat ‘banyak’ orang di internet. Saya juga mau sih meminimalisir pengaruh internet ke anak saya. Meskipun kedepannya dimana entar dia tumbuh, dia pun akan tau internet, tapi at least saya udah nanemin nih konsep privacy kedia.
  3. Benernya sih pengen bikin VLOG masak, tapi saya belum punya alat2 yang mendukung buat bikin VLOG masak yang pro, ciaaa bukan berarti saya pro dalam hal culinary sih, tapi bisalah. Berhubung saya tiap hari  masak, keculai weekend kadang ngga, ya mungkin suatu saat jika semua memadai bisa fokus ke masak VLOG dan tetep bagi2 info. Jadi kalu VLOG family, bukan style saya.
  4. Pertanyaaan yang muncul : Diterusin ga ya ngeVLOG? bisakah saya membantu orang2 dengan cara ini? apakah bener VLOG saya ngebantu orang2? At least saya udah maksimal berusaha juga bantu orang2 buat kasih info (dan tips).  nobody’s perfect.

Wah ini postingan singkat aja sih, mungkin bakalan ada kelanjutannya BLOG tentang VLOG! udah jam 11:29, saatnya masak juga!

So makasih buat semua yang udah  baca, have a nice day!

Advertisements

9 responses to “BLOG tentang VLOG

  1. Belanda untuk urusan Privacy lebih longgar dibandingkan Jerman, bisa dilihat dari banyaknya Vlogger2 bahkan yg ke segmen family bahkan jadi salah satu acara di TV sini. Suamiku selalu nyuruh aku bikin Vlog tapi aku kekeuh ga mau, cukuplah buatku Blog saja. Dia bilang bikin Vlog masak, duhh aku tuh kalo masak ga bisa kalo diselingi dengan ngerekam2 apalagi aku klo masak ga pakai takaran, semua perkiraan haha. Akhirnya aku menyalurkan kesenangan merekam2 dengan mengirimkan ke Net saja, lumayan jadi sumber penghasilan akhirnya, bisa ditabung untuk biaya mudik nanti.

    • Wah suami juga suka rekam merekam berarti ya Den, dan tidak terlalu private orangnya ya, suamiku private sekali, ya kebanyakan orang Jerman sih. Tapi kamu masih kirim video2 ke NET kan? aku barusan baca2 lagi BLOGmu tentang NET, semoga bener2 tidak malas tahun ini. Entar kalu ada pertanyaan, aku tanya kamu ya Den. Heheh bener juga, kemarim kepikiran apa bisa masak sambil atur2 kamera, meski pake tripod, malah gak jadi enak masakannya, Maunya soalnya bukan VLOG masak kayak daily VLOf rapi yang beneran, aah susah kayaknya. Udha berapa kalai kirim sampe sekarang Den?

    • Suamiku ga suka, bahkan dia wanti2 ttg merekam di sekitar rumah. Makanya aku suka bilang ke dia kayak gini “kamu nyuruh2 aku nge Vlog tapi kamu ga mau masuk Vlog, ya males aku.” Untuk menampilkan foto yg ada dianya saja aku musti nanya dulu. Kalau foto dia ga terlalu masalah asalkan masih normal. Kalo Vlog, big No buat dia. Dan aku juga orangnya untuk hal2 tertentu ga suka berbagi di Blog salah satunya bagian rumah. Buatku untuk saat ini Vlog ga masuk pilihan, Blog sudah lebih dari cukup. Makanya aku ga pernah nampilin bagian rumah di blog. Dan masih ada beberapa hal lainnya yg aku ga bisa bagi di dunia maya dengan alasan privacy. Kalau aku rekam2 ttg liburan kami, ada yg kutaruh di youtube, ada yg kusimpan sendiri. Jadi meskipun aku suka ngerekam2 lalu kuedit2, aku simpan dalam file.

      Iya gpp nanya aja kalau ada yg belum ngerti. Sejauh ini video yg tayang sudah di atas 10. Sebulan ini aku lagi rehat sejenak, nanti kalau memungkinkan lanjut lagi.

    • Ah kirain si Mas mau tampil, duh Den, jadi kontributor tetep kamu disana ya. Semoga aku bisa sukses kirim ke Net kayak kamu. Jadi semangat lagi hehe, 10 itu akeh pol. Doain ya Den bisa beruntung kayak kamu:)

    • Belum jadi kontributir tetap Lu, kurang akeh video ne haha. Itu video2 ya hasil beberapa bulan. Sing penting seneng ngerjainnya dan ga terpaksa. Nanti lihat transferan duitnya tambah seneng lagi haha. Sukses!

  2. Nice post Mbak Lulu! Aku udah nggak di FB mulai February. Kok sama Mbak kita berdua 😍
    Suamiku juga private banget, aku pasang video J juga terbatas sekali.

    • Heheh kaget sebenarnya, karena VLOGGERS2 kebanyakan dari USA, dan kebanyakan tidak private seperti klian, Tapi emang privacy penting sih. rada ngeper tiap kali mau VLOG, makanya theme VLOG tetep pada bagi2 info aja plus support tulisanku disini, misal aku tuöis tentang Christmas Market, ya ada video tentang ini jg.

  3. Kalau aku sudah sejak sept thn lalu tutup FB ku krn banyak banget habisin waktu fb an hehe 😀 . Di Fb buanyak banget teman2 berkebunku, aku suka banget komen sana sini trus balas lagi dan lagi, trus ngobrol di inbox ga ada habisnya haha.

    Baik blog dan vlog klo mau rame dan cepat banyak followernya adalah tema bule. Tadi aku klik youtube di sisi kanan blog Lulu, nah malah ujungnya ketemu vlog2 tema bule yang subscribernya ratusan ribu, kebayang dong trafiknya brp.

    aku ada klik sana sini nemu bbrp vlog wanita indonesia yg nikah sama bule. Sudah spt artis aja ya semua hal di kasih lihat ke publik, bahkan lagi ngangkang proses lahiran normal di videoin juga eh busyet haha parah bener 😆 .

    • Hahha iya sih bener banget mbak, tema bule, pokoknya judul kasih tulisan bule waaah laris manis, aku pribadi jujur gak suka pake istilah bule, risih banget, makanya gak pernah pake kata itu buat judul. VLOG ku so far jalan2 dan bagi2 info, kalu family vlog yang bangun tidur dll di vlog, bukan styleku. Makanya kan VLOGku jarang banget luaaaamaaaa pol dapat subscribers karena gak ada penampakan bulenya hehe. Tapi ya itu tujuanku bagi2 info seputar Jerman terutama, Aku suka liat VLOGmu mbak, tapi komennya ditutup ya? padahal mau tanya tuh yang berkebun2 hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s