Makmurnya Ibu (orang tua) dan anak(anak2) Di Jerman

 

Di Indonesia ada istilah kuno yang tentu tidak berlaku sebenaranya disana ya yaitu ‘Banyak anak banyak rejeki’ atau masih ada yang percaya dengan perumpamaan atau istilah itu?

Begini, saya alhamdulillah dipercaya menjadi ibu dari anak yang hebat, dan sehat sejak 2012, dan perjalanan sebelum melahirkan putri saya di negara yang saya tinggali sekarang ini, selalu membawa saya pada dua sisi yang berbeda, yaitu pembandingan antara negara saya sendiri dan Jerman. Saya  mulai dari awal masa kehamilan ya, sampe anak lahir, harapan saya sih, semoga BLOG saya ini bisa membantu calon ibu di Jerman, atau kalian yang tertarik dengan Jerman. NAH apa yang terjadi dibawah ini adalah kalau kamu sudah unbefriested atau sudah dapet ijin tinggal permanent disini, kalau cuma tourist lahiran disini waaah bakalan kena muahaaal muahaaal banget nget nget!

MASA KEHAMILAN

  1. CARI OBGYN. DI Jerman ( dan sepertinya sama diseluruh penjuru dunia), begitu kamu tau  kamu  hamil, harus dan wajib menentukan pilihan dokter kandungan yang akan mengontrol kehamilanmu. DI Jerman namanya Frauenarzt. Perlu dicatat bahwa OBGYN ini bukan dokter yang akan membantu proses kelahiran, so sama sekali beda, karena ini OBGYN hanya mengontrol kehamilan kamu.
  2. MUTTERPASS. Nah di Jerman, kamu yang sudah dapat OBGYN bakal dapat buku yang namanya MUTTERPASS, ini semacam buku laporan perkembanganmu dan si jabang bayi, buku ini penting seandainya ada masalah dengan bayi dan kamu yang harus di rujuk misal ke rumah sakit  besar, dengan membawa buku ini setiap kali kontrol, dokter di rumah sakit manapun bisa mengetau sikon kamu. Semua kunjungan ke OBGYN dibayar oleh Krankenversicherung atau Krankenkasse, tapi ada beberapa hal yang mungkin kamu harus bayar extra biasanya 50% 50% kok, jika ada pemeriksaan lebih lanjut seandainya ada masalah yang butuh penanganan serious.
  3. GVK. (Kursus) Pada saat kehamilan kamu memasuki usia sekitar 6 bulan sampe dengan 8 bulan, kamu akan disarankan oleh dokter OBGYNmu unzuk ikutan yang namanya GEBURTSVORBEREITUNGKURS. Waaah apa itu ya? Geburt: lahir, Vorbereitung : persiapan Kurs : kursus, so yes ini artinya adalaah KURSUS PERSIAPAN KELAHIRAN. Untuk details kursus ini ada di blog saya ANTARA INDONESIA JERMAN.m80740124_g

Photo Credit :http://www.openpr.de/news/738834/Auffrischungskurs-fuer-werdende-Eltern-Der-etwas-andere-Geburtsvorbereitungskurs.html

  1. KREISSAALBESCHIHTIGUNG. Kamu juga bebas menentukan di rumah sakit mana kamu akan melahirkan. Kreißsaalbeschtigung ini gratis! kamu bisa click di link biru buat tau lebih banyak tentang itu.
  2. HEBAMME. Hebamme atau bidan ! Bidan ini entar tugasnyabantu kalian misal mandiin bayi, tapi jagan dipikir bidan ini pembantu lho ya. Bagi kamu yang panik menjadi ibu  baru di negara orang, gak ada keluarga, sendirian aja, naah  kehadiran Hebamme bisa sangat membantu. Coba kamu klik di link biru, disitu saya tulis pengalaman saya cari Hebamme.

Nah sekarang kamu tinggal siapin tas kamu isi barang2 penting keperluan kelahiran.

MASA KELAHIRAN

Dalam bahasa Jerman namanya ENTBINDUNGTERMIN atau hari perkiraan lahir. Nah begitu bayi lahir, dari pihak Rumah Sakit kamu sebagai ortu langsung dikasih formulir untuk diisi dan diserahkan ke Standestamt buat dapat akta lahir dan nomer pajak! HAA! kaget kan?? bayi baru lahir udah dapet nomer pajak?? yep nomer pajak ini berlaku seumur hidup. Saya pas tau itu, agak heran sekaligus amazed hehe, karena artinya entar anak juga nggak  urus-urus lagi nomer pajak. Ah keren menurut saya!. Dan formulir tadi juga untuk mendapatkan KINDERGELD! nah ini yang menarik: KINDER: ANAK, GELD : UANG.

KESEJAHTERAAN ANAK

social-security-and-insurance-in-germany-4-638Apa Apa sih KINDERGELD itu? kayak yang sudah saya bilang diatas berdasarkan kata, so kindergeld bisa diartikan uang anak. Ya, pemerintah Jerman akan memberi uang bulanan kepada anak sebesar 192 € per anak , itu untuk anak pertama. Anak kedua 209€ jadi ya ditotal aja 189 +209, anak ketiga naik lagi dan seterusnya. Ada yang namanya GOLDEN KIND; anak emas, ini artinya si anak bakal dapt 500€ waktu lahir, tapi bukan bulanan lho yo! kalu  bulanan selalu dapat 500€ mungkin bakalan kacau jadinya hehe. Tapi pertanyaannya mau punya anak 7?? Uang ini bakal ditransfer dari Agentur für Arbeit atau bisa diartikan sepeti dinas ketenagakerjaan lah, ke rekening yang dituju (salah satu rekening ortu, biasanya rekening mommy). Ada yang beranggapan mending di rekening anak, nah ini bisa juga, untuk detailsnya saya kurang paham. Uang anak ini dibuat untuk keperluan baby kayak beli popok, tissue, duschgel ( sabun), dll.  Kindergeld ini bakal diberikan sampe dengan anak usia 25 tahun (dan belum menikah dam masih study, jadi sampe anak dapat gelarnya yang pertama), seandainya anak usia 22 sudah menikah, ya sudah gak dapet kindergeld lagi, karena dia bakalan jadi orang tua kan idealnya. Kindergeld masih diberikan saat anak usia 22 tahun tapi masih dalam ‘Ausbildung’ atau hmm pemantapan bidang mungkin terjemahan bagus Indonesianya, dandalam rangka mencari kerjaan,  tapi tentu saja ada syarat-syarat yang harus dilampirkan waktu ‘beantragen’ atau daffar dapat Kindergeld, kalau suami saya jelasin sekilas harus nyertakan Immatrikulationbescheinigung, nah ini saya gak jelasin lanjt ya, karena saya kan bukan student. Banyak yang mungkin bertanya, woaaa sebegitu baiknya pemerintah Jerman ya! kenapa? iini karena banyak sekali WN Jerman ‘asli’ yang ketika menikah memutuskan untuk tidak punya anak. Karena hal itulah populasi WN ‘asli’ Jerman menurun, sekarang banyak yang sudah mixed. Nah upaya ini digalakkan dari pemetintah biar populasi Jerman ‘asli’ tidak punah, begitu sih menurut hemat saya.

KESEJAHTERAAN IBU dan AYAHworking-in-germany-labor-laws-social-security-and-employee-benefits-14-638

Nah bukan anak aja yang dapat  banyak fasilitas amazing dari pemerintahh Jerman lho, tapi ortunya juga! YIPIII! kamu bisa lega! kamu sebagai ibu, setelah lahiran bakal dapat UANG, yoi UANG lagi yang namanya ELTERNGELD. ELTERN :Orang tua GELD? yep UANG. ELTERNGELD ini cuma dibayarkan selama 13 bulan aja kalau gak salah, dan harus beantragen alias daftar, jumlahnya 300€ per bulan dan di transfer di rekening ibu yang melahirkan dong! yipiii! asyik ya! duuh jadi pengen punya anak lagi hehe!

Kalau kamu bekerja kamu dapat uang lagi! Wohooo! namanya MUTTERSCHAFTGELD, nah kalau ini saya kurang tau ya, karena kan saya gak kerja di kantor, tapi once again, betapa posisi ibu itu penting disini. Ada lagi yang namanya BETREUNGSGELD, yaitu tunjangan ibu dan anak yang anaknya sampe umur 3 tahun belum juga pergi ke TK, insha allah entar saya bahas ‘HAK ANAK USIA 3 TAHUN’ yaitu hak untuk mendapatkan tempat di TK, seru deh bicara kesejahteraan, dan sistem pendidikan Jerman yang awesome! Hayo  mata ijo ya karena UANG dan UANG lagi! no wonder sih banyak immigrants mau kesini kadang memanfaatkan ini juga akhirnya beranak pinak banyak., anyway itu topik sambil lalu.

UPDATE : Makasih buat temen2 saya yang kasih masukan  buat  update blog :

Ini kata temen saya yang seorang ibu bekerja di Leipzig: Bahwa maternal leave di Jerman adalah 3 tahun atau 36 bulan dengan aturan:

  1. 12 bulan pertama hitungannya gini:
    2 bulan setelah lahiran dibayar dengan gaji full 100%
    10 bulan kemudian sampai ultah pertama anak dibayar 2/3 gaji per bulan nya.

    Kemudian 24 bulan alias dua tahun kemudian gak dibayar. Suka suka si ibu. Kalo suaminya mampu ya biasane mereka stay Home sampai 3 th urus anak Sampe masuk kindergarten.

    Oh ya , Pregnancy protection leave alias 6 minggu sebelum due date / tanggal melahirkan, di Jerman ibu2 sudah tidak boleh kerja.
    Jadi 1,5 bulan sblm
    Lahiran (waktu kandungan 7,5 bulan) mereka dipulangkan
    Gaji selama 1,5 Bln sebelum lahiran itu full 100% dibayar lho.

  2.  Cuti 3 th maka perusahaan harus menjamin posisi dan gaji yg sama spt sebelum hamil.  Misalnya cuti 3 th berarti kan perusahaan harus cari ganti pegawai baru yang kena limited contract (Schwangerschafvertretung) 12-14 bulan saja, nanti kalo Si ibu ini balik kerja, harus dikasih posisi dan pekerjaan yg sesuai seperti sblm hamil. Ini jaminan negara dan diatur undang2.

Sekarang kita bahas kesejahteraan AYAH! penting kan ya! si ayah yang biasanya bekerja full time 8 jam sehari, setelah anak lahir, AYAH (atau IBU kalau misal single mother or father) dapat HAK cuti yang namanya ELTERNZEIT. ELTERN : Orang tua ZEIT : WAKTU. ELTERNZEIT ini maksudnya supaya ayah bisa spend sometime with the newborn babies atau bantu2 istri lah ya. TAPI, please noted down! ELTERNZEIT ini gak selalu harus diambil pas bayi baru lahir, bisa nungkin nanti pas bayi sudah usia besar, karena HAK untuk ambil ELTERNZEIT ini adalah sampe anak umur 3 TAHUN, dan kantor tempat AYAH bekerja HARUS dan WAJIB membolehkan. ELTERNZEIT ini macem2 bisa diambilnya:

  1. TEILZEIT artinya AYAH bekerja paruh waktu aja, tetep dibayar tapi ya separuh lah atau nggak penuh, nah untukini aturan beda-beda tergantung sama tempat kerja AYAH.
  2. VOLLZEIT artinya cuti penuh tanpa bekerja yang artinya tidak dibaayar dong ya.

Elternzeit ini bisa diambil  sampe dengan 13 bulan. Artinya, AYAH bisa ambil ELTERNZEIT 3 bulan baik TEILZEIT atau VOLLZEIT, bisa lebih dari 3 bulan juga kok, pokoknya cutinya maksimal 13 bulan. NAh gimana kalu anak sudah lebih dari 3 tahun, masih bisa? Hmm setau saya sih, tempat AYAH bekerja bisa menolak atau punya HAK untuk menolak kalau misal AYAH mengajukam ELTERNZEIT waktu anak sudah usia lebih dari 3 tahun.

KESEJAHTERAAN IBU:

Nah begitu anak lahir, kamu sebagai ibu sekarang bakal dapat banyak tawaran-tawaran menarik dari Familienbüro atau instansi bidang kekeluargaan.

  1. RÜCKBILDUNGGYMNASTICS. Ini artinya adalah Gymnastics atau senam mengembalikan bentuk tubuh ibu yang mungkin berubah saat lahiran. Ini dibayar ama asuransi atau Krankenkasse ya. so bisa dibilang ini GRATIS, wuhuuu!Nah  pertemuannya ya senam, pernafasan.Kamu bebas kok mau bawa bayi kamu juga boleh. Kalau gak salah pertemuannya 8 atau 12  kali seminggu 2 kali. RB-1_gross.jpg

Photo Credit :http://www.kugelrund-praxis.de/waswiranbieten/rueckbildungsgymnastik.html

KESEJAHTERAAN ANAK

The world does not only revolve around you and baby.Your baby needs to socialize, meet other  babies, and make ‘friends’.

Ini salah satu yang saya suka dari Jerman! sejak bayi, anak sudah terbiasa keluar rumah untuk activitas setiap hari. Jadi nggak ada istilah main gadget, main dirumah aja tanpa keluar rumah. Kalau orang Jerman bilang ‘frische Luft’ artinya to breath the fresh air ataiu menghirup udara segar yang mana harus setiap hari. Saya ingat waktu saya bawa anak saya yang waktu itu umur 2 bulan, dan dia sedang nggak enak badan. Saya tanya ke dokter apa boleh dibawa keluar, karena dalam mindset saya waktu itu yang masih mindset ibu Indonesia kalau anak sakit ya dirumah, nah dokter anak saya ketawa bingung akan pertanyaan saya dia jawab ‘ Ya malah perlu udara segar, asal dia pastikan bajunya yang gak terlalu tipis tapi juga gak tebal. Justru udara luar bagus buat dia.’ Aaaaih sejak saat itu, tiap hari saya keluar rumah entah itu ketaman, jalan2 kemana aja, pokoknya tiap hari ya keluar rumah hingga akhirnya rutinitas keluar rumah buat firsche LUFT ya bukan buat  JJS di mall (mall di sini cuma 1, yay!! gak konsumtive kan!).Pasti ada yang bilang ‘Duh kasihan deh anak bayi udah banyak kegiatan!’ eits jangan salah, pertemuan2 ini sante semua, gak ada target harus bisa ini dan itu, pokoknya bayi dibiasakan sosialisai agar entar TK gak kaget, plus ketemu bayi2 lain, ibu2nya juga bisa refreshing time, nge’biarin’anak main sama baby lain, jadi kita tau gimana sih karakter bayiku  itu kalu main sama baby lain. Awesome menurut saya!Nah sejak bayi, banyak sekali jenis kegiatan ibu dan bayi yang  bisa diikuti sampe anak masuk TK umur 3 tahun. Hampir semua kegiatan disini emang bayar ya (atau beberapa ada yang pake Krankenkasse) saya agak lupa karena ini extra kegiatan sendiri, tapi pun bayar gak mahal, dan manfaatnya banyak sekali buat ibu dan anak.  COntohnya :

  1. Baby schwimmen artinya kursus renang bayi atau bayi cuma sekedar main air aja di kolam bayi.
  2. Baby massage. Di Jerman, baby massage ini penting juga ya buat kalau anak biasa awal2kan suka sakit perut, kejang otot, dan baby massage ini kursus buat ibu, yanb bawa bayinya terus latihan deh pijet sederhana bayi.
  3. Baby music gruppe. Okay sudah bisa nebak, yep, bayi dikenalkan dengan suara2 alat musik atau instruments, plus ini juga bisa nambah koneksi ibu baru disini, biar ada temen misalnya.
  4. Baby zwergensprache atau baby sign language. Ini bukan untuk bayi yang gak bisa mendengar lho ya. Tau sendiri kan ibu, kalau baby sampe, let’ say umur 10 bulan(saya pake estimasi ini karena alhamdulillah anak saya sudah bisa bicara dua kta ‘Mau pisang’, ‘suka buah’ saat dia umur 11 bulan) belum bisa mengucapkan kata-kata complicated, paling  banter mama, papa. Nah kadang kita jadi stress ini mau apa sih? bunda gak tau nak!, nah dengan ikutan kursus ini, kita dikenallkan untuk bisa buat komunikasi dengan anak pake bahasa isyarat anak. BLog lengkap click disini.
  5. Baby spielgruppe atau playgroup untuk babies, yep babies playgroup. Biasanya usia 1 tahun sampe 2,5 tahun. Kan umur 3 udah TK. So baby spielgruppe ini dibagi dua pilihan : mit Eltern atau sama orang tua yang artinya 4 jam itu ortu disana sama anak, dan ohne Eltern artinya anak ditinggal entar dijemput, pasti ada yang bilang aduuh kasihan anak kecil kok gak sama ibunya, ditinggal di spielgruppe. Nah yang OHNE ELTERN biasanya ortunya harus bekerja, jadi mau gak mau ya begitu. Untuk ini cuma 4 jam atau 3 jam kalu gak salah. 710375a5b0

Photo Credit:http://www.ill-ev.de/1020.0.html

Oh ya, begitu bayi lahir, dia langsung dapat buku untuk cek up dokter sampe usia anak 5 tahun, dan sudah terjadwal kapan harus cek up. Namanya kalau di Jerman U1-U9, plus anak dapet buku kuning yaitu buku imunisasi. Tapi meski sudah terjadwal hatus tetep telp dulu  buat bikin termin atau janjian ya. Oh ya lupa, kalau terlambat beberapa bulan dari jadwal yang ditentukan, Krankenkasse atau Asuransi gak mau bayar, begitu menurut yang saya denger! SOOO yes disiplin itu penting!

Yep, anak udah terjadwal kapan harus cek rutin ke dokter sampe usia 5 tahun, baru deh ganti buku lagi, oh ya saat anak umur 3 tahun, anak HARUS cek ke dokter gigi, blog saya tentang itu ada di First Visit to a Dentist

 

Waduh panjang ya! semoga saya gak kelewatan point penting ya! segitu aja dulu  tulisan saya tentang kesejahteranin orang tua dan anak di Jerman.

Tschüß! bis zum nächtes Mal.

Lulu

 

 

 

 

Advertisements

8 responses to “Makmurnya Ibu (orang tua) dan anak(anak2) Di Jerman

  1. Punya 1 anak aja sdh pusing aku Lu hehe, anak kedua nih ga direncanakan. Sptnya cukup 2 aja deh mau tutup pabriknya (steril) 😆 .

    Kindergeld anak pertama dan kedua sama nilainya 190 eur, mulai jan 2017 ini naik 2 euro jadi 192 per anak. Anak ketiga dst nya baru beda dapat lebih banyak.

    Oh ya Betreuunggeld yg anaknya lahir mulai Juli 2014 ga dapat lagi Lu. Masih ada 2 bundesland yg kasih kabarnya sih mungkin bakalan dihapus. Pas keluar aturan barunya tahun 2014, aku masih dapat form untuk ngajuin Betreuunggeld nya, dapat balasan ditolak krn aturan barunya pas banget keluar hiks. Klo anak yg lahir sblm 2014 kemungkinan masih tetap dapat deh.

    Senam gymnastik setelah lahiran ntar aku pengen ikutan ah 🙂 .

    • Ah iya bener mbak, barusan ada pembaruan hehe aku juga tau dari temenku, biasa di sparkasse gak ku cek iap bulan.Suamiku skeptis ama Betreungsgeld, ya udah gak daftar deh. BTW, senam gymnastik asyik mbak, luamyan lah rfreshing time, perlu kan itu.

  2. Bener2 bagus buat kesejahteraan anak ya Lu. Kalau di sini ibu yg baru melahirkan dapat 4 months paid maternity leave. Kalau mau ambil sampe setaun bisa, tp gak dibayar, cmn abis setahun dia pasti dapat kerjaannya balik.

    • Menurut temenku yang kerja, dan punya anak. ibu hamil disini dapat cuti 3 thn. Pas hamil 7,5 bulan harus berhenti kerja, sisa1,5 bulannya dibayar penuh. Setahun dibayar penuh, 2 thnnya nggak dibayar. Dan pas balik harus dapat posisi semula. Disana ada uang support ?

    • Di sini aku kurang tahu semua ibu dapat uang support atau nggak. Yang aku tahu kalau income keluarganya di bawah berapa gt, dapat uang family support benefit (malah sampai anaknya gede)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s