NgeBlog VS NgeVLOG

Hai hai hai semua! Kayak ‘janji’ saya kapan hari ya, kali ini BLOGnya dalam bahasa Indonesia, nah kalau ada yang tanya kenapa nggak banyak nulis bahasa Indonesia? begini, ilmu itu bisa tumpul kalau udah lama gak dipake, dan kalu mau dipake harus diasah dulu kan? kadang ada yang butuh waktu lama kadang ada yang cepet, tergantung kapasitas otak, nah saya sering pake Inggris, supaya Inggris saya tetep lancar jaya, bagus  baik dalam tulis, ucapan, denger, dan baca, begitu sodara-sodara.

Tapi…. kapan hari lalu, lama banget di BLOG ‘JANJI’ saya, saya udah bilang mau ngeBLOG dua kali seminggu dalam bahasa Indonesia. Kali ini, saya pengen bahas sedikit tentang NgeBLOg dan NgeVLOG!

Menarik ya, betapa bahasa itu sifatnya progresive, alias terus ada perubahan seiring waktu. Beberapa tahun lalu, atau sekitar 2000 an masak kita kenal sih kata BLOG? nggak kan? eeeh lama-lama kata inipun jadi booming dan jadi kata kerja. Dan baru-baru ini setelah YouTube booming, ada kata baru VLOG, artinya Video LOG. Jadilah kamus kedapetan dua kata baru BLOG dan VLOG.

Sebenarnya baru 2 bulan terakhir sih saya kepengen coba NgeVLOG-pengen tahu juga tentang video editing. Ternyata oh ternyata, belajar video editing itu menarik juga lho! Setiap saya edit video saya, saya jadi kepikiran orang-orang didunia perfilm-an: waaah pantesan ya bisa mahal sebuah film, karena pembuatan dan editing yang gak mudah sama sekali. Anyway, saya mau rangkum nih, tentang dunia PerBLOGGINGan dan PerVLOGGINGan

 

Pertanyaan:                                      BLOG                                                 VLOG

  1. Mulai                                      2002 an                                                 2016

Blogging platforms beda-beda          DiYouTube doang sementara

Nah kalau menulis berarti udah hampir 13 tahun!

 

2. Apa yang gak pernah ada di BLOG saya: Yang jelas photo suami dan anak saya tampak depan, karena masalah PRIVACY CONCERNS

Apa yang gak pernah di VLOG saya : Sama aja kayak BLOG, karena alasan yang sama PRIVACY CONCERNS

Ngomongin Privacy, temen saya nulis tentang ini, bisa di klik disini, Ana Kiwiter: Problematika Membuat dan Meng-upload Video dan Phot Orang Lain di Jerman,  dan ini menyuarakan hati saya banget! persis sama dengan apa yang saya mau bilang! So baca ya tulisan dia!

Saya bahagia aja sih tidak menunjukan mereka, wong saya sadar betul masalah Privacy Concern ya.

    3. Fokusnya apa:    

Blog saya fokus cerita apa saja, no limit sebenarnya, asal tidak terlalu privat ya!. VLOG saya? fokus bagi-bagi info, jalan-jalan, masak, buku, current events.

Tentang VLOG ini ada beberapa commentators atau subscribers saya tanya awal kenapa wajah saya nggak muncul, atau bahkan diam-diam ada yang tanya kenapa anak dan suami gak nongol? Ah bohong pasti kalu nikah ama WNA, mungkin begitu pikir beberapa, atau ah gak seru gak lihat orangnya. Dunia perVLOGGINGan emang unik! VLOG atau video itu emang idealnya dinikmati kayak sinetron gitu atau mungkin orang-orang kita banyak yang kepo alias pengen tau kehidupan orang, plus beberapa mungkin punya pendapat:

‘ The grass in the other side is always greener.’

atau ada juga yang mendapat inspirasi dari beberapa VLOGS. Oh ya tapi ada beberapa VLOGS kayak tutorial atau masak, yang kadang gak perlu juga lho orangnya tampil dikamera juga, so gak harus sih VLOG itu kita si punya VLOG nunjukin batang hidung.

   4. Enaknya

NgeBLOG

Waah enaknya banyak ya!ini beberapa aja ya….

POINT 1 :Saya ketemu banyak kenalan dari Indonesia baik yang tinggal di Indonesia atau dimana2 didunia, temen-temen WNA dari berbagai negara lho yang akhirnya jadi temen juga di dunia nyata sampe sekarang. Membaca tulisan-tulisan mereka itu seru.

POINT 2 :

Bisa mengasah kemampuan mengemukakan pendapat secara tulis, mengasah kemampuan menulis bahasa Inggris saya misalnya.

POINT 3:

Menambah wawasan dari laporan-laporan mereka tentang apa aja yang mereka tulis yang menurut kita menarik. Saya dapat  banyak wawasan darii membaca tulisan temen-temen blogger saya.

 NgeVLOG

Nah ini saya gak tau atau belum tau, karena saya juga masih baby 2 bulan. Tapi ada satu yang saya suka dari VLOG yaitu VIDEO EDITING! beneran seru banget belajar video editing! kepikiran buat upgrade software video editing dan bermimpi membuat VLOG TRAVEL

4. Nggak enaknya

NgeBLOG:

Gak ada

NgeVLOG :

Saya bukan orang yang narsis jadinya ngeVLOG diri sendiri itu bukan fokus saya, tapi kadang juga harus ‘tampil’ di public. Nah gak enaknya nih, kalau udah ada yang salah ama hasil videonya, ngeditnya harus dari awal kalu video editingnya bukan pake langsung dari YouTube! daaan itu bisa lama.  Tapi so far, saya belum nemuin yang gak enak banget dari ngeVLOG.

Baik NgeVLOG atau NgeBlOG dua-duanya bisa menyenangkan juga. Bagi saya sih, saya lebih enjoy ngeBLOG dan kalau masalah NgeVLOg saya enjoy merekam current events daripada saya sendiri.

Anyway, itu aja bahasan sedikit tentang BLOG dan VLOG, oh ya jangan lupa ya yang di Jerman besok dimundurkan 1 jam ya jamnya!

Schönes Wochenende!images-socmedthumbnail-youtube

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s