Menuju Indonesia Baru

President dan wakil president Indonesia

President dan wakil president Indonesia

Hari ini tanggal 20 Oktober 2014, Indonesia punya sejarah baru. Saya sebetulnya juga nggak ngefans banget sama president terpilih kita yang baru, biasa saja. Tapi saya bangga dan seneng akhirnya ada sosok yang  bener-benar sederhana dan apa adanya atau istilah bekennya tidak jaga image, memimpin Indonesia yang menurut saya semakin mundur dalam banyak hal. Pemimpin yang menerapkan revolusi mental ini emang harus didukung oleh semua segenap rakyatnya, ya rakyat Indonesia dimana saja berada. Saya yang masih memegang passport hijau dan  tinggal di Jerman juga berusaha semampu menurut kekuatan saya buat dukung pemerintahan beliau. Indonesia itu majemuk, dan Indonesia itu besar. Saya tiba-tiba ingat oleh seorang kenalan orang Amerika yang juga tinggal di Jerman. Sewaktu dia tau saya dari Indonesia, ber’Search Engine’lah dia tentang Indonesia. Saya jujur kaget saat keesokan harinya dia bilang :

‘Whoa, Indonesia is a very big country, bigger than I thought.’

Intinya masih banyak juga yang ‘tidak’mengenal Indonesia, walau saya nggak bisa pukul rata hanya gara-gara koment satu orang terus saya claim ‘banyak’.

Pada saat saya masih tinggal di Indonesia, saya terasa biasa dengan character dan sifat orang-orangnya yang banyak seenaknya, contoh paling sederhana adalah meludah dijalan, menyampah, dan nelat (alias terlambat)-, nggak mau  ngantri, keempat itu contoh aja lho ya, kalu ditelusuri masih  banyak sifat-sifat kebanyakan bangsa kita yang harus dirombak, di revolusi mental biar sifat-sifat itu MENTAL (seperti  bilang MENTAH)  jauh. Lho kok menjelekkan bangsa sendiri? bukan! tetapi itu fakta yang harus diungkap dan dibenahi. Saya terasa kaget, dan malu ketika saya sudah tiga tahun lebih di Jerman kemudian mudik ke Indonesia, dan mendapati ketiga hal diatas masih mendarah daging.

Mereka yang mengaku memilih Jokowi JK pada awal kampanye, juga harus merubah mental mereka, bantuin Pak Jokowi JK menuju Indonesia baru. Mereka yang gembar gembor awal kampanye Jokowi dan bilang :

‘Wes ta kalu Jokowi presidennya, Indonesia bakal baru. Orang yang mengerti rakyat kecil. ‘

Nah mereka juga harus banyak  bertanya pada diri sendiri revolusi mental apa yang mereka harus benahi. Dan kalu temen ada yang tanya :

‘Eh, kamu dulu suka nelat, buang sampah, suka marah-marah kalu ada yang beda pendapat. Kok sekarang beda?’ kesambet setan apa?’

Hayo jawabnya gimana?

‘ Kesambet Jokowi JK, kan saya mau bantu dia menuju Indonesia baru.’

Keluarga adalah masyarakat terkecil, kemudian negara, dan kemudian dunia. Maksud saya nih, kita ini SATU KELUARGA besar. Kita mata rantai yang saling sambung menyambung menjadi satu, itulah INDONESIA!(Hayo ingat gak lagu apa itu?). Nah sebagai keluarga besar ya saling bantu dong siapapun persident terpilihnya ya para pendukung Prabowo. Sekarang mah udah gak jaman lah saling hina-hina.

Ah ngapain aku bela Jokowi, aku nggak milih.

Nah lho, bahaya! entar mana bisa menjadi Indonesia baru kalu begitu. So mereka yang pada saat kampanye memilih Pak Prabowo, ya sudah mari sama-sama legowo. Toh marah-marah nggak ada hasil, cuma bikin dosa aja.

INDONESIA itu bukan hanya Jokowi JK, tapi ya kita semua, rakyatnya baik yang mendukung beliau pada awal kampanye, atau yang tidak. Kritik emang harus disampaikan namun dengan cara yang bertanggung jawab.

Indonesia itu indah lho kalau kita semua rakyatnya tuh saling menghormati, saling sayang, saling mengingatkan pada tempatnya. Saya berdoa semoga Indonesia ini benar-benar bisa merevolusi mental. Indonesia bangsa yang besar, dan Indonesia harus bangga bisa bersatu dalam perbedaan.

 
Flag Counter

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s