Jengkol si Legit Menggigit

Postingan Khusus buat para penggemar jengkol!

Benernya rencana ke perpustakaan Dortmund lagi, cuma entah kenapa muaaaleees banget. Kali ini ngeblog dalam bahasa ibu, bahasa INDONESIA!!. Sepertinya sejak tinggal di Jerman ikut suami, hasrat untuk nge-switch antara bahasa ‘pokok’ ngeblog: bahasa Inggris ke bahasa Indo lebih kuat. Kangen aja gitu! Tapi gak bisa ..para subcribers blog saya  kebanyakan nggak ngomong Indo, lagian saya juga gak mau Inggris saya jadi kaku gara2 saya jarang pake, no way!

Apa yang ada di benak kalian dengar kata J.E.N.G.K.O.L?

1.Bau!

2. Muantaaap, a.k.a (also known as) sedaaap puoool!

3. Apaan tuh ya??

Ada beberapa, kali banyak orang yang masuk kategori 3. Gini, Jengkol itu sejenis makanan bernama latin ”Archidendron Pauciflorum’. Jengkol ini popular di Asia Tenggara, pantesan di Jerman gak ada! haha! nggak ding, kali gak masuk Jerman karena baunya.Nah jengkol ini identik dengan baunya yang menyengat, maksudnya baunya aneh, keras banget. Kerasnya kayak bau durian, coba bawa durian kerumah, kan seisi rumah jadi bau (wangi buat sebagian orang.) Jengkol baunya terasa menyengat baik sebelum dimasak atau setelah. Tapi benernya saya ada trik buat ngilangin bau jengkol! bentar! sabar, pasti entar saya kasih tau.

Jadi mau flashback dulu ke masa kecil ya…

Waktu itu sekitar tahun 1989, waktu saya dan keluarga masih tinggal di Bogor, Jawa Barat. Saya masih pake seragam putih merah. Tinggal di Bogor 4 tahunan lebih bikin lidah kita juga campur2 sekarang, ada rasa Sunda, ada rasa Kalimantan ( pernah di Pontianak juga) pokoknya selera nusantara deh. Nah, selama tinggal di Bogor, banyak makanan baru yang saya coba, makasih buat ibunda tercinta, yang rajin cobain masakan ini dan itu.

Waktu itu siang hari sekitar jam 1an. Jam dimana sekolah tingkat SD usai. Sekolah saya juga berlokasi di komplek saja, so tinggal jalan kaki pulang kerumah. Beneran waktu itu siang puaaanaas sekali di Bogor, saya berlari menuju rumah. Pas beberapa meter saya sampe depan pagar rumah, hidung dan perut lapar saya bereaksi cepat! baunya asli mantap!! bau sambal goreng tapi beda!! Kayak anak kelaparan, saya sapa Ibu, saya ganti baju , cuci tangan, dan kedapur!

Saya: ‘Bu masak apa kok enak baunya?’

Ibu   : Ibu tadi belanja, beli jring (alias jengkol).

Singkat kata, saya langsung makan siang sambil nonton RCTI yang baru launching pertama kali tanpa parabola. Asli, begitu saya gigit! I really can’t tell you how good it was!! bener2 mantap! rasanya gimana sih jengkol itu? rasanya legit, kenyal kenyal, kalu dimasak pake sambel pedes, wuiiiih asli sedaaap banget, terus dimakan cuma sama nasi anget2. Nah sejak saat itu, saya jadi ketagihan yang namanya makanan ini.Pertama kali hati, lidah dan pikiran saya sukaaaa ama nih makanan.

Seiring dengan waktu, kami pindah ke Surabaya, Jawa Timur. Jengkol jadi jarang ditemukan. Menurut pengetahuan saya, jengkol popular di Jawa Barat dan Sumatera (saja), ditempat lain ada tapi jarang. Well at least masih ada lah!. Nggak heran orang Surabaya banyak yang belum pernah coba bahkan gak tau jengkol. Dan biasanya kalu orang cuma tinggal di suatu tempat aja, citarasa lidahnya beda. Sejak saya kuliah sampe saya sekarang menikah, saya biasa masak. Nah, saya akhirnya masak jengkol sendiri. Keluarga rumah seneng banget sama jengkol! kalu ada jengkol kayak ada ‘tarung’ alias rebutan! makan bisa 6 kali sehari, kali lebih! heheh.

Sejak saya nikah, saya pindah Jerman. Saya sering sekali kemecer alias pueengen banget jengkol. Sayang beribu sayang, jengkol tidak ditemukan di Jerman. Katanya sih ada di Belanda, gak tau ya. Sudah berusaha tanya situ tanya sana jengkol tetap tak ditemukan di sini. Apa boleh buat, saya harus mennggu waktu pulang kampung buat bisa menikmati jengkol, cuma entar jengkol yang saya bikin gak boleh pedes2, kasian si dedek. Kayaknya suami bakal say NO ama jengkol! kalu begitu, jengkolnya buat saya dan dedek, amin, hehe.

Oya, triknya gimana sih biar nggak bau??

1. Jengkol ada asam amino kalu gak salah. Asam amino mengandung unsur sulfur dan saat terdegradasi terpecah menjadi beberapa unsur. Salah satu unsur gas H2S yang terkenal sangat bau. Nah saya selalu rebus jengkol sekitar 4 sampe 5jam an sebelum dimasak. Gunanya selain biar gak bau juga biar kandungan jengkolat acid, kandungan jengkol saat dicerna bisa berkurang, you know biar sedikit lunak buat ginjal. Ini juga buat bikin jengkol lebih lunak.Orang kan takutnya jengkolen alias susah buang air kecil waktu makan jengkol. Saya sih cuma ngalamin sekali, cuma gak pa pa. Saya belajar cara masak jengkol yang bener.

2.Habis direbus, biasanya saya potong kecil2 terus saya goreng, sreeeeng!! tapi gak usah kering2, entar jadi kripik dong, nggak legit lagi.

Nah udah gitu aja!! biar kamar mandi gak bau, siram banyak air dan pewangi, dijamin gak bau.Kalu masalah mulut bau? weeh saya mah gak tau! wong cara saya diatas buat ngilangin bau. Tapi saya kadang gosok gigi abis makan jengkol! beres! kalu masih takut makan jengkol gara2 bau ! ya lupakan saja, jengkol bukan buat Anda, kacian, nggak pernah ngerasain jengkol! rugi!!!

Oy ya, saya bagi dikit resep jengkol andalan, hadiah dari Ibunda terhebat dan tercinta saya di tanah air.

1. Siapkan jengkok yang udah di rebus dan digoreng.

2. Bikin sambal:

a. Bawang putih rada banyakan

b. Cabe, tergantung mau berapa! mau pedes ya banyak.

c.Tomat. Tomat juga tergantung, kalu mau pedes cukup setengah iris tomat, tapi kalu mau mild pedesnya ya satu atau 1 1/2 tomat.

d. Gula pasir

e. Garam

Udah deh, semua di blender atau di ulek, terus di goreng ampe baunya harum terus dimasukkan jengkolnya. Jengkol lezaaat siap dihidangkan!! mantap!!!

Tips saya:

Suka jengkol sih suka, tapi makan jangan berlebihan. Segala sesuatu kalu berlebihan itu tidak baik. Too much love will kill you!! so, meski penggemar berat jengkol, saya juga membatasi konsumsinya.Begitu sodara2!

Waaaaaaaah jadi kepengen buaaanget! Ya Allah semoga waktu dekat ini kami bisa pulang ke Indo, nemu jengkol di SuperIndo, dan makan Jengkol!! Apa sebenarnya saya lagi ngidam jengkol ya??

Buat saya, jengkol selalu mengingatkan pada ibu saya dan masa kecil saya. Buat saya, jengkol makanan nomer satu di daftar panjang makanan favorit saya.

Lu2

 

 

 

 

 

 

free counters

Advertisements

2 responses to “Jengkol si Legit Menggigit

  1. Omigot mbak Lu, jadi ngiler pengen juga. Well the first time i ate this, i knew i already loved it. Sambal goreng jengkol is the best way to eat jengkol ! But i have no idea where to buy it in Surabaya, only requested on a relative from Sunda. Could we find/buy jengkol at Superindo ?

    And thank you for the tips that’s very helpful.

    Xoxo
    Lala

    • Haha wanita tak berbulu suka jengki juga. The last time we went home, we bought it in Hypermarkt, not sure it is in every Hypermarkt, but we bought it in Hypermarkt laguna hmm I can’t recall the name of the mall. Pakuwon indah near mulyosari you know that right?ITS area. We bought 10 packages of it to be brought back to Germany haha. When you are in the Netherlands, you will not find any difficulties finding them. There are a lot of Indonesians selling them.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s